Langen Tayub Sedekah Bumi Desa Sugihwaras Kecamatan Ngraho

 

BOJONEGORO, Jurnal1.id - Bertempat di Area sendang Sugihwaras kecamatan Ngraho, berlangsung perhelatan tradisional 'Sedekah Bumi/Nyadran', sebagai wujud rasa syukur warga desa Sugihwaras.


Sebelum kata sambutan dari pejabat berwenang, di laksanakan Tahlilan kubro yang dipimpin oleh  sesepuh desa yakni Kyai Syarifudin.


Selanjutnya kepala desa Sugihwaras Supandi dalam kata sambutannya selain mengucapkan terimakasih kepada warganya serta hadirin, juga berharap sebagai pewaris tradisi 'Sedekah Bumi' hendak nya mau menguri-uri, yang sudah menjadi tradisi turun temurun. 


Diakui oleh Kepala Desa Sugihwaras, bahwa tradisi ini wujud rasa Syukur pada Allah, SWT. Serta mengingat jasa jasa pejuang cikal bakal hingga berdiri desa Sugihwaras yang guyub rukun, di jauhkan dari Pageblug/wabah covid-19. Dan di hindarkan pagebluk 'ingon-ingone' yakni sapi yang kini bernama jenis PMK. " Semua semoga lekas sirna dari bumi Sugihwaras yang tercinta ini',ulas Kades Dengan rasa suka cita.


Camat Ngraho Masirin, SSTp.MM. Dengan kegiatan Tasyakuran /sedekah bumi, semoga bumi Sugihwaras khusus semakin desa yang gemah ripah loh jinawi, umumnya pada desa desa lainnya. Namun jangan lupa tetep menjaga kesehatan dengan protokol kesehatan, walau agak longgar. Namun tetep menjaga kesehatan dengan pola hidup sehat.


Dalam giat suka cita warga Sugihwaras tersebut juga diikuti oleh tim medis yang dikomando oleh Bidan desa Elva, Amd.Kep.


Hadir dalam perhelatan tersebut yakni dari Forpimca Ngraho (Camat beserta staf), Anggota Polsek , Koramil. Juga warga Desa Sugihwaras Kecamatan Ngraho.(Hengki/Zul).

Share on Google Plus

0 Comments :

Posting Komentar