Kapolsek Cileunyi Kompol Suharto: Sayangi Keluarga Tanya Anak Kalau Belum Pulang Sekolah Padahal Sudah Waktunya Kerumah


Kapolsek Cileunyi Kompol Suharto


Cileunyi,Jurnal1.id- Kapolsek Cileunyi Kompol Suharto satu diantara perwira polisi yang lama bertugas di lingkungan Polda Jawa Barat, pria kelahiran pulau Madura Jatim tersebut sejak tahun 1993 sudah akrab dengan kultur Jawa Barat, sehingga jangan heran jika banyak orang menganggap sosok  Kapolsek yang sangat Humanis, saat di temui di ruang kerjanya, Kamis, (8/9/2022).


Kepada Jurnal1.id Kompol Suharto mengatakan," sejak lulus dan diterima menjadi anggota polri dirinya langsung di tempatkan di lingkungan Polda Jabar, dari mulai bertugas di Polwiltabes Bandung saat ini Polrestabes Bandung, kemudian di mutasi ke Polwil Bogor, kemudian masuk ke Markas Kepolisian Jawa Barat, juga saya pernah bertugas di Pusdikmin di Gedebage," ungkapnya.


Kompol Suharto menambahkan," bahwa persoalan utama di wilayah hukum Polsek Cileunyi sama dengan wilayah lain dimana di setiap daerah pasti punya potensi tindak pidana, namun demikian setiap tindak pidana itu di awali  ada pemicunya, selama dua bulan saya di sini, dan melakukan evaluasi salah satunya pemicu tindak pidana karena mengkonsumsi obat-obatan dan minum keras,  seperti peristiwa di depan eks terminal Cileunyi pernah ada tindak pidana yang awalnya kumpul- kumpul anak muda kemudian di lanjutkan dengan minum- minuman keras dan obat-obatan,"Terangnya.



Lebih lanjut katanya,"sebagai langkah preventif atau pencegahan kami Polsek Cileunyi beserta jajaran selalu melakukan razia setiap malamnya, dan kami selalu tanggap serta cepat merespon setiap informasi yang di duga berpotensi adanya tindak pidana atau pelanggaran hukum, selain itu saya setiap Jumat selalu melakukan Jum'at Keliling ( Jumling) dan meminta waktu kepada pengurus masjid untuk melakukan himbauan Kamtibmas di sela- sela pelaksanaan ibadah Jumat," tuturnya.


Disamping itu kami juga melakukan pendekatan dan komunikasi dengan para ormas seperti pemuda Pancasila, dalam pertemuan itu selalu kami sampaikan informasi terkait Kamtibmas sehingga wilayah Cileunyi ini tetap kondusif, ini beberapa agenda yang sudah di lakukan.


Terkait beberapa komunitas budaya yang ada, kami juga sudah melakukan pendekatan dan dialog dengan pelaku seni budaya tradisional, seperti penampilan atraksi seni budaya yang menggunakan senjata tajam, maka kami menghimbau agar property sajam diganti dengan yang lain semisal kayu, himbauan juga kami tekankan agar tidak membawa dan mengkonsumsi minuman keras dan obat-obatan yang bisa menghilangkan kesadaran, itu himbauan yang sering kami sampaikan ke mereka," tandasnya.



Dalam pesannya Kapolsek Cileunyi Kompol Suharto mengingatkan," agar para orang tua menyayangi keluarganya, semisal kalau anak belum pulang sekolah padahal sudah waktunya pulang, ini perlu di tanya kemana, karena sesuatu itu di mulai dari keluarga, membenahi itu dari keluarga, oleh Karena itu saya selalu menyampaikan hal tersebut kepada masyarakat di setiap kesempatan," Pesannya.


Kedepan agenda kita  adalah  menyiapkan program kerjasama dengan sekolah-sekolah, suratnya sedang  kita persiapkan, semoga para Kepala Sekolah dapat bekerja sama dengan kita," Harapnya.



Diakhir pertemuan Kompol Suharto mengimbau agar para orang tua tidak memfasilitasi anak-anaknya yang masih di bawah umur untuk tidak mengendarai motor kesekolah, kita taati saja aturan, dan memang kalau kita sayang sama anak jangan memberikan atau memfasilitasi sesuatu yang berpotensi berbahaya bagi anak dan adanya pelanggaran terhadap Undang-undang," tutupnya. (Edi)

Share on Google Plus

0 Comments :

Posting Komentar