Dewan Adat Suku Moy Serahkan Dukungan Bagi Jhon Manangsang Umami Wally Bacabup Jayapura


Dok: Dukungan Terus Mengalir Bagi Jhon Manangsang Umami Wally



 Jayapura, Dukungan terus mengalir kepada salah satu anak adat suku Sentani, Jhon Manangsang Umani Wally yang merupakan Bakal Calon Bupati (Bacabup) Jayapura pada kontestasi Pilkada 2024.

Kali ini datang dari Dewan Adat Suku (DAS) Moy, Distrik Sentani Barat, saat menyambangi Kediaman Jhon Manangsang Umani Wally di Bukit Formokho, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua, Jumat, 14 Juni 2024.


Kepada media, Ketua Dewan Adat Suku (DAS) Moy Nikodemus Yaboisembut melalui Onesimus Banundi mengatakan, Jhon Manangsang Umani Wally sebagai kandidat bakal calon Bupati Jayapura yang maju dalam pencalonan Bupati Jayapura itu adalah orang asli Papua (OAP) yang berasal dari suku Sentani dan memiliki dedikasi yang tinggi dan dapat mengangkat harkat masyarakat Kabupaten Jayapura jika terpilih sebagai Bupati Jayapura periode 2024-2029.


“Kami dari Dewan Adat Suku Moy yang merupakan perwakilan dari dewan adat suku di enam suku yang ada di Kabupaten Jayapura memberikan dukungan ini, karena kami melihat dan mengetahui bahwa pak dokter punya konsep yang jelas, yakni Jayapura Emas,” ujar Onesimus Banundi.


“Hal itu membuat masyarakat di kampung-kampung sudah memegang buku-buku karya Jhon Manangsang Umani Wally dengan konsep Jayapura Emas. Kita semua sudah baca buku-buku itu, apalagi Ondofolo/Ondoafi sudah pegang atau memiliki buku tersebut. Sehingga itu yang melatarbelakangi kami memberikan pernyataan dukungan kepada bapak dokter Jhon Manangsang Wally terpilih sebagai Bupati Jayapura periode 2024-2029,” tambah pria yang akrab disapa Ones Banundi.


Ia juga mengatakan, bahwa dukungan tersebut diberikan karena melihat sosok Jhon Manangsang Umani Wally yang merupakan seorang dokter yang sering membantu masyarakat di kampung-kampung dari segi kesehatan.


“Selain memiliki atau mempunyai konsep Jayapura Emas, pak Jhon Manangsang Wally ini seorang dokter dan masyarakat di kampung-kampung sudah mengetahui itu. Kalau mereka saat sakit datang berobat ketemu pak dokter itu pasti sembuh. Itulah kesan-kesan dari masyarakat adat di kampung-kampung yang membuat mereka memberikan dukungan kepada bapa dokter Jhon Manangsang Wally,” terang Ones Banundi yang juga sebagai Tim Kerja Dewan Adat Suku (DAS) Moy.


Ia menambahkan, bahwa Kabupaten Jayapura selama 10 tahun belakangan ini sudah sakit parah. “Itulah ukurannya, jika pak dokter sudah bisa menyembuhkan seorang masyarakat yang merupakan pasiennya. Artinya, itu pertanda dia juga bisa menyembuhkan Kabupaten Jayapura yang sudah sakit lebih dari 10 tahun. Jadi, dalam konsep itu sudah jelas akan terjadi kesembuhan dalam bentuk program kerja,” ujarnya.


“Kami dari DAS Moy memberikan dukungan secara kolektif, yang sesuai dengan pernyataan kami pada tanggal 24 Januari 2024. Bahwa, ada para kandidat bakal calon yang mencalonkan diri dalam kontestasi Pilkada ini. Kalau demokrasi berbicara itu harus kolektif, sehingga bukan untuk bakal calon lain saja melainkan kami beri dukungan penuh kepada calon bupati Jayapura Jhon Manangsang Wally. Kami juga punya motto, yakni adat memberikan dukungan, juga agama memberikan doa restu dan sukses atau tidaknya itu adalah kandidat dan tim sukses,”.


“Itu prinsip, sehingga bukan menampik dukungan kepada kandidat bakal calon yang lain. Tetapi, harus kita buat dukungan itu. Karena kami sifatnya memberikan dukungan. Sukses tidaknya itu ada di kandidat atau tim suksesnya,” cetus Ones Banundi didampingi Ondoafi Hendrik Yarisetouw dari DAS Yokari.


Sementara itu, Bakal Calon Bupati (Bacabup) Jayapura Jhon Manangsang Umani Wally menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dewan Adat Suku (DAS) Moy yang telah memberikan dukungan kepada dirinya untuk maju dalam pencalonan Bupati Jayapura.


“Secara pribadi dan tim, kami pantas dan patut menyampaikan ucapan syukur kepada Tuhan dan berterima kasih Dewan Adat Suku (DAS) Moy, masyarakat adat Moy dan enam suku atau DAS yang ada yang terlibat langsung memberikan dukungan kepada kami,” ucap pria yang akrab disapa JMW ini didampingi Ketua Umum Tim Sukses Jayapura Emas Calon Bupati Jayapura Jhon Manangsang Wally periode 2024-2029, Sem Gombo.


Sebelumnya, sosok Dr. Yohannis Manangsang M.Kes., AIFO-K., sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Kabupaten Jayapura. Wajahnya pun sudah sangat familiar bagi masyarakat, karena aktif menjalankan berbagai aktivitas kemanusiaan, kesehatan, sosial dan budaya ke tengah-tengah masyarakat Bumi Khenambay Umbay.

Belakangan pria yang lebih akrab dikenal dengan nama Jhon Manangsang Umani Wally digadang-gadang bakal kembali menjadi salah satu bakal calon (Balon) kuat pada pesta demokrasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak 2024 untuk memperebutkan kursi Bupati Jayapura periode 2024-2029.


Hal ini disampaikan oleh Ondofolo Raukhokonomi Puay Iwganea Tainyeay Yakob Fiobetauw, Ondofolo Homfolo Phouwngeay Anineay Oleuwngeay Raynyeay Rokhoro Heaseay Anderson Tokoro, Ondofolo Phjo Oleinyaitainyai Jhon Fiktor Monim dan Ondofolo Asaa Khulung Yakholeuw Ephale Iwga Iwga Korneles Doyapo ketika memberikan keterangan pers di Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, kemarin. (Fan)

Share on Google Plus

0 Comments :

Posting Komentar