Sejak Umur 13 Tahun Aki Sapaat Sudah Jadi Ahli Spritual


Aki Sapaat Sang Spritual


Bandung, Jurnal.id- Sosok pria satu ini berpenampilan nyentrik asli Garut, yang konon  sudah banyak berkiprah dalam dunia spiritual, pengobatan medis dan non medis ternyata memiliki segudang pengalaman luar biasa, Jurnal1.id berkesempatan berbincang singkat dengan Rudi Supriatna alias Aki Sapaat, Selasa, (17/9/2024).


Dalam obrolannya, Aki begitu sering disapa, mengatakan," hidup ini intinya ketenangan, mau pejabat, mau rakyat biasa, orang kaya atau miskin, semua  ketenangan yang dicari, karena apalah artinya kaya tapi tidak tenang ya  percuma, sehat tapi tidak tenang sama juga, apapun posisi hidup kita adalah ketenangan," ujarnya.


Sejak umur 13 tahun Aki sudah memiliki kemampuan berbeda dengan anak sebayanya, saat mondok di pesantren kemampuannya dalam spiritual sudah terlihat, dalam penuturannya,  katanya ini karunia Allah yang Aki dapatkan, dimana contohnya, kalau di kobong ( istilah Pesantren) jika ada kejadian misal ada yang kehilangan sesuatu di kobong aki jadi tempat penanyaan, dan anehnya apa yang aki sampaikan terbukti," ujarnya.


Obrolan terus berlanjut saat membahas tentang Allah sang pencipta, Aki mengatakan jika kita beriman kepada Allah kita tidak boleh takut kepada siapapun kecuali kepada Allah,  contoh kita takut di kuburan berarti kita takut sama makhluk Allah, justru ditempat itulah di uji keimanan kita, apa kita takut sama gangguan makhluk Allah atau takut hanya kepada Allah itu ujian iman kita," ucapnya.


Lelaki yang sering melakukan tirakat kegunung dan laut ini, dirinya dalam menyelesaikan persoalan hidup yang di alaminya, sangat merasakan adanya ketenangan dan ada jawaban setiap habis tirakat pasti ada jawaban yang Aki dapat, makanya kalau kita lihat Nabi dan rasul mendapatkan hidayah dan petunjuk setelah melakukan mengasingkan diri, uzlah,  menyepi mengheningkan diri, berdialog dengan sang pencipta, itulah perkara ghaib yang banyak kita tidak tahu, percaya atau tidak ini pengalaman Aki, "tuturnya.


Ada pesan tersendiri yang ingin ia sampaikan, bahwa sehebat apapun pengalaman spiritual seseorang jika ia tidak mendirikan sholat, maka perlu diragukan keyakinannya sama Allah Swt, jangan mudah percaya dengan sesuatu hal yang tampak zahir, jika batinnya tidak membias," ujarnya.


Terakhir terkait ilmu ada hal yang menarik yang ia sampaikan, aki mencontohkan jika kita menyenangi sebuah bacaan kalamullah, semisal bacaan Basmallah, kalau ingin tahu barakoh dan karomahnya Kalamullah bacalah sebanyaknya- banyaknya semampu kita, dan rutin maka kita akan merasakan kekuatannya, kalau tidak percaya silahkan buktikan sendiri, " pungkasnya. ( Ed)

Share on Google Plus

0 Comments :

Posting Komentar