Aster Kodam: Jangan Korbankan Anak-Anak Generasi Mendatang Demi Cuan dari Limbah B3



KABUPATEN BANDUNG,Jurnal1.id- Adanya temuan sampah di bantaran dan Limbah B3 medis rumah sakit oleh Tim Terpadu di bantaran sungai Citarum wilayah Sektor 6 pada 9 Oktober 2024 mendapat perhatian serius Kodam III Siliwangi.

Aster Kasdam III Siliwangi Kol Arm Yogo Widiatmoko, S.Sos., M.Tr. (Han),mewakili Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Dadang Arif Abdurahman, S.E., M.Si.,dalam rapat koordinasi dan klarifikasi di Posko Sektor 6  mengatakan" temuan sampah dari beberapa hotel dan Limbah B3 Medis dari beberapa rumah sakit di kota Bandung telah dilaporkan ke Pangdam  dan Kapolda, Kapolda merespon positif untuk menindak tegas para pelaku jika sudah tidak bisa di bina, termasuk oknum dari LH Kota Bandung.

"Sampah seharusnya di kelola dengan sebaik baiknya agar tidak menimbulkan masalah seius di kemudian hari, demikian pula limbah medis (B3) itu beracun dan bisa menularkan berbagai penyakit, harus ada ijin dan proses pengelolaan yang betul betul harus penuh ke hati hatian sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku agar tidak mencemari lingkungan dan membahayakan orang lain " kata Aster.

Kol Arm Yogo Widiatmoko, S.Sos., M.Tr. (Han),juga menyayangkan adanya keterlibatan Oknum Dinas LH Kota Bandung terkait pengiriman dan pengelolaan limbah medis (B3) tanpa ijin yang di temukan oleh Tim Terpadu. seharus nya "Program Citarum Harum sesuai Perpres No.15 Tahun 2018 Tentang Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Daerah Aliran Sungai Citarum.

"Semua instansi dan komponen masyarakat bersatu padu untuk bersama sama mewujudkan Citarum yang bersih dan harum, bukan hanya oleh TNI selaku  Satgas di Citarum,apa yang telah di lakukan oleh TNI selama ini harus bisa menjadi contoh bagi masyarakat dalam menjaga alam serta lingkungan agar tetap bersih dan lestari"jelas Aster.

Aster Kasdam III Siliwangi Kol Arm Yogo Widiatmoko, S.Sos., M.Tr. (Han), menyampaikan" kegiatan yang selama ini di lakukan oleh Satgas Citarum mulai dari komsos, himbauan hingga pembersihan sampah dan juga edukasi serta pembinaan demi tumbuhnya kesadaran dan prilaku masyarakat untuk  menjaga Citarum.

"Termasuk kalangan industri, rumah sakit dan juga hotel serta para pengepul sampah, kelola sampah dan limbahnya dengan baik supaya lingkungan tetap bersih dan ekosistem terjaga itu semua demi generasi yang akan datang " pungkasnya.( Yatiman)

Share on Google Plus

0 Comments :

Posting Komentar